Rabu, 27 Juni 2012


TUGAS MAKALAH PENGANTAR MANAJEMEN
DI SUSUN OLEH

168658_127418247326669_100001754838685_152575_6343061_n.jpg
KELOMPOK I (SATU)
v   Ansyar yandi
Sekolah tinggi ilmu manajemen
YAPIM maros tahun ajaran
2011/2012

KATA PENGANTAR
     Dewasa ini kemajuan dunia bisnis khususnya di Indonesia sangat pesat. Kemajuan tersebut banyak di sebabkan  karena upaya yang cukup gigih dari para pelaksana bisnis maupun para pejabat pemerintah yang berusaha untuk menyediakan sarana dan prasarana bisnis melalui berbagai usaha terutama dengan deregulasi yang banyak di lakukan. Pertumbuhan bisnis yang pesat ini juga di dorong oleh pengaruh globalisasi yang melanda dunia pada dasa warsa terakhir ini.
     Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Ynang Maha Esa karena berkat limpahan rahmat dan karunian-NYA, sehingga dapat menyelesaikan tugas ini tepat pada waktunya. Ucapan terimah  kasih kami sampaikan kepada semua kalanagan yang telah membantu dan memberikan saran dan masukan yang membangun demi kesempurnaan tugas ini. Kami  menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kami mengharapkan agar pembaca mau memberikan saran dan masukan agar tugas ini dapat menjadi lebih sempurna.



                                                                                   Maros , 14 Maret 2012

                                                                                              Penulis
 




i

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakan Masalah
Manajemen mempunyai Peranan penting dalam untuk melakukan suatu perencanaan, pengorganisasian dan kepemimpinan. Manajemen merupakan ilmu tentang upaya manusia untuk memanfaatkan semua sumber daya yanag di milikinya untuk mencapai suatu tujuan yang efisien dan efektif.

B.    Rumusan Masalah
Apakah pengertian manajemen…..?


C.      Taujuan Penelitian
Untuk mengetahui apa yang di maksud dengan ilmu manajemen…?











1

 BAB II
PEMBAHASAN
PENGERTIAN MANAJEMEN
A.     PENGERTIAN MANAJEMEN
   Manjemen dapat di artikan sebagai ilmu seni tentang  upaya untuk memanfaatkan semua  sumber daya yang di miliki untuk mencapai tujuan yang secara efisien dan efektif. Para ahli ekonomi umumnya mempunyai pengertian yang berbeda tentang manajemen, berikut pengertian dengan demikian sebenarnya manajemen itu hampir selalu ada pada setiap kegiatan manusia akan selalu berusaha berkumpul dan bekerja sama.

   Manajemen yang di lakukan secara sederhana merupakan naluri dari setiap manusia dalam mencapai tujuan dan memenuhi kebutuhannya. Keadaan yang demikian merupakan penerapan manajemen secara naluriah. Dengan melaksanakan manajemen secara naluriah ini tidak jarang akan terjadi adanya kekeliruan baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja dan akan sering pula terjadi adanya ketidakefisienan dalam melaksanakan manajemen.

   Dalam keadaan demikian kita harus menerapkan manajemen yang baik serta profesional. Agar dapat menerapkan konsep manajemen yang baik dan benar serta profesional maka kita harus mengetahui prin sip-prinsip dasar serta teori-teori manajemen. Teori manajemen yang kita pelajari tersebut merupakan landasan dasar bagi kita untuk mengembangkan model-model manajemen sehingga dari suatu teori dan prinsip-prinsip tersebut kita dapat menyusun rencana dan melaksanakan tugas-tugas manajerial secara baik dan benar serta profesional. Teori-teori manajemen untuk dapat di pergunakan sebagai bahan pemikiran dalam melaksanakan manajemen  dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan kecil seperti keluarga,Rukun Tetangga, Rukun Warga, serta lembaga sosial kemasyarakatan yang biasanya berorientasi pada masalah nasional, maupun dalam organisasi besar seperti pada perusahaan-perusahaan swasta, perusahaan, daerah, perusahaan milik Negara, dan lain sebagainya yang biasanya berorientasi pada masalah keuntungan.



2
  
   Dalam setiap usaha besar maupun yang kecil, baik yang bersifat industrial, komersial, politik, keagamaan maupun kemasyarakatan, peranan manajemen sangat penting guna menunjang keberhasilan dan tercapainya tujuan yang di harapkan. Setiap organisasi memiliki tujuan sendiri-sendiri yang berbeda pula dengan Rumah Sakit, berbeda pula dengan Koperasi ataupun dengan Departemen Pemerintah. Perlu di ketahui bahwa meskipun dalam jenis organisasi yang sama, apabila statusnya berlainan akan dapat menyebabkan adanya tujuan yang berbeda. Akan tetapi apapun bentuknya, apapun namanya, apapun statusnya dalam mencapai dan merealisasikan tujuannya secara efektif serta efisien akan selalu memerlukan manajemen. Hal ini di sebabkan karena di setiap perusahaan, baik perusahaan industry, perusahaan jasa maupun perusahaan yang lain akan selalu di hadapkan pada keterbatasan sumber daya yang dimilikinya. Keterbatasan sumber daya inilah yang sering mengakibatkan para manajer atau pengelola takut atau tidak berani untuk mengambil keputusan utuk bertindak. Apabila hal ini terjadi maka tujuan tentu saja tidak akan pernah tercapai karena tidak pernah  dilaksanakan  kegiatan untuk mencapainya. Keterbatasan tersebut pada umumnya membuat para pengelola atau manajer mengambil keputusan yang salah karena tidak sesuai dengan kondisi yang ada dalam organisasinya yang tidak memiliki sarana yang cukup. Oleh karena itu perlu di lakukan evaluasi terhadap sumber daya yang merupakan sarana bagikita dalam meraih tujuan yang di inginkan.

   Di samping itu perlu pula dipelajari tentang kondisi eksternal maupun maupun kondisi masa depan yang terjadi agar kita dapat melihat keluar serta kedepan. Kondisi eksternal  disuatu kegiatan tertentu dalam hubunganyya dengan tujuan yang kita inginkan. Perlu diketahui pula bahwa kondisi eksternal yang berupa keadaan masyarakat ini mempunyai sifat yang dinamis. Kondisi masyarakat tidak pernah statis, masyarakat akan selalu berubah dan berkembang. Rencana-rencana kegiatan perlu disusun secara cermat agar sesuai dengan kondisi intern yang berupa sarana ataupun sumber daya yang dimilikinya, serta harus di sesuaikanpula dengan kondisi eksternal masyarakat di masa kini maupun tendensi perubahanyya yang perlu pula untuk di antisipasi, agar kita dapat menciptakan suatu system pengelolaan yang efektif dan efisien.





3

 
    Pengertian efektif dan efisien ini sering kali di anggap sama atau tidak di bedakan, padahal kedua pengertian tersebut dalam manajemen perlu di bedakan dan dapat di bedakan, Kata efektif memiliki konotasi atau berkaitan dengan banyaknya hasil yang di capai, sehingga efektif atau efektivitas dapat di artikan sebagai tingkat atau derajat pencapaian hasil yang di harapkan. Semakin besar hasil yang di raihnya berarti menjadi semakin efektif. Efektif  juga berarti  di capai secara maksimal (Tampa memperhatikan masalah biaya atau korban maupun jumlah investasi yang telah di keluarkannya).

   Sedangkan efisien memiliki konotasi dengan banyaknya korban yang di timbulkan atau ongkos yang di keluarkan dalam pencapaian hasil atau tujuan itu. Semakin besar korban yang di timbulkan berarti semakin tidak efisien, sebaliknya semakin sedikit ongkos yang di keluarkan dalam pencapaian tujuan tetrsebut berarti semakin efisien. Dengan demikian efisiensi merupakan derajat atau tingkat pengorbanan dari suatu kegiatan yang di lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Efisien berarti setiap pelaksanaan suatu tugas dalam mencapai tujuan di keluarkan ongkos atau korban yng sekecil mungkin.

   Dalam kehidupan sehari-hari sanagat sukar untuk dapat meraih tujuan dengan efektifitas yang maksimal dengan efisiensi yang maksimal pula. Hasil yang maksimal untuk dapat di capai dengan biaya yang min imal boleh di katakan tidak mungkin. 

   Ada pendapat yang mengatakan bahwa yang namanya efisien adalah bekerja dengan benar yang namanya efektif adalah bekerja degan tepat. Dengan demikian akan timbul kondisi atau situasi yang berupa tepat waktu, tepat harga, tepat biaya dan tepat mutu.

   Dari uraian tersebut di atas maka dapat kita peroleh pengertian bahwa manajemen merupakan ilmu tentang upaya manusia memanfaatkan semua sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan secvara efektif dan efisien.  Pengertian manajemen tersebut dapat di gambarkan dalam skema sebagai berikut.




4


B.      GAMBAR SKEMA MANAJEMEN







 
                                                                                                                           EFEKTIF




















 




PEMANFAATAN                SUMBER DAYA                   TUJUAN                                           











 


                                                                                                 
                                                                                                                 EFISIEN








 




GAMBAR 1.1
SKEMA PENGERTIAN MANAJEMEN

Dengan menggunakan skema tersebut maka kita akan dapat dengan mudah untuk mengingat pengertian manajemen tersebut. Ada pun 3 fungsi manajemen yang menonjol yaitu;
1.      Merencanakan
2.      Mengkoordinasikan
3.      Melaksankan



5


   Di dalam ilmu manajemen ada macam sumber daya;
Sumber daya yang di manfaatkan untuk meraih tujuan yang di harapkan tersebut apa bila di klasifikasikan dapar terbagi menjadi 3 macam yaitu;

v  Sumber daya alam
   Yang  termasuk SDM adalah tanah dan pekaranagan yanag di milikinya beserta                  bangunan maupun tanaman yanag tumbuh.
v  Sumber daya kapita (Modal)
   Yang termasuk sumber daya capital atau sumber daya modal adalah dana atau uang yang di milikinya.
v  Sumber daya manusia (SDM)
    Yang merupakan sumber daya manusia tentu saja sudah jelas yaitu manusia yang akan merupakan tenaga kerja yang akan bekerja untuk merealisasikan tujuan yang ingin di capainya.


  















6


BAB III
PENUTUP
a)     . Kesimpulan
Perang manjemen di dalam kehidupan manusia sangat bermnanfaat, kaerna manjemen selalu ada pada setia kelompok, atau organisasi manusia, oleh karena itu dengan adanya ilmu manajemen sngat menbantu kita untukmendaptkan ilmu tentang upaya manusia untuk memanfaatkan semua sumber daya yanag dimilikinya untuk mencapai secara efektif dan efisien.

b)    .Saran
Pemerintah menerbitkan Undang-Undang atau Peraturan pemerintah yang                 mngatur Aspek Hukum Dalam Bisnis, agar manajemen berjalan sesuai dengan fungsinya ,,,,,,,,,,,,













7

Daftar Pustaka
v  Di kutip 14 sebter di media  ONLINE, ANSYAR YANDI.
v  Love, Ralph N, and; H.A.;(1976), introduction to Business end managemen, Mc Graww-hiil, inc.; New York.




























8


Penjelasan gambar skema pengertian manajemen, makna dari skema tersebut bahwa manusia itu selalu memiliki tujuan sendiri-sendiri, Tujuan tersebut akan di perjuangkan dengan sekuat tenaga dan dengan menggunakan segenap sumber daya yang di milikinya agar tujuan tersebut dapat di perolehnya dengan waktu yang sesingkat-singkatnya, waktu yang di korbankan untuk meraih tujuan adalah unsur efisiensi, sedangkan banyaknya hasil yang di capai adalah menunjukkan efekifitas t tujuan tersebut,

Perkembangan masyarakat terjadi hamper setiap saat, hal ini terjadi karena setiap detik, aka nada bayi lahir yang merupakan anggota baru dari masyarakat. Kelahiran bayi akan menanmbahpakaian maupunlebih lagi kita dapat sebutkan setiap hari aka nada anggota masyarakat yang berulang tahuin, keadaan ini akan mengubah anggota masyarakat menjadi berkembang secara kualitatif  karena manusia bertambah umurnya akan menjadi semakin pandai.` hal itu menimbulkan pergeseran ataupun perkembangan di masyarakat.























DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………………..i
DAFTAR ISI…………………………………………………………………..ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah………………………………..1
B.    Rumusan Masalah………………………………………..1
C.     Tujuan Penelitian…………………………………………1
BABA II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Manajemen………………………………2-4
a.   Gamabar Skema Manajemen………………………..5
b.   Fungsi Manajemen……………………………………..5
c.      Ciri-Ciri Sumber Daya………………………………….6
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan…………………………………………………7
B.    Saran…………………………………………………………..7
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………8


































































 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar